Sabtu, 11 Mei 2019

BENTUK BENTUK TATA RUANG KANTOR


BENTUK-BENTUK TATA RUANG KANTOR

Ketika kita merancang ruangan kantor, perlu juga diperhatikan apakah diperlukan ruangan terpisah atau tertutup untuk bagian bagian yang berbeda ataukah cukup terkumpul di dalam ruangan yang luas atau ruangan terbuka. Hal ini perlu diperhatikan karena masing-masing ruangan memiliki kelebihan dan kekurangannya, dan apabila kita tidak memperhatikan hal tersebut maka akan mendapatkan kesulitan di dalam pelaksanaannya.
Pada dasarnya ada 3 macam tata ruang kantor yaitu :
1.              
            Ruang Kantor Terbuka

Ruang kantor terbuka adalah ruangan dimana semua kegiatan karyawan dilakukan bersama-sama dalam satu ruangan tanpa dipisahkan menjadi beberapa bagian atau tidak menggunakan penyekat sebagai pemisah, akan tetapi semua aktivitasnya dilaksanakan pada satu ruang besar terbuka.

Perencanaan suatu ruang terbuka perlu diperhitungkan dengan seksama sehingga tidak ada yang merasa dirugikan. Oleh karena itu, perencana perlu memahami keuntungan-keuntungan dan kerugian dari tata ruang terbuka.



Di antara keuntungan pokok dari ruang terbuka adalah sebagai berikut :
a)     Pengawasan lebih mudah dan efektif terhadap segenap pegawai
b)     Hubungan antarpegawai cepat dan mudah
c)      Mempelancar arus pekerjaan
d)     Cahaya mudah masuk dan udara mudah beredar sehingga suasana lebih menyegarkan
e)     Mudah mengubah ruangan apabila diperlukan tukar tempat antarbagian dapat dengan mudah dan tepat dilakukan
f)        Perubahan organisasi yang menyebabkan perubahan tata ruang dapat dilayani dengan cepat dan luwes
g)      Memudahkan penempatan, penggunaan dan penyusunan kelengkapan kerja
kelemahan ruang kantor terbuka
a)     Sulit melakukan pekerjaan yang bersifat rahasia
b)     Kebisingan menimbulkan kurangnya konsentrasi dalam bekerja
c)       Menimbulkan pemandangan yang kurang terlihat rapi
  
Ruang Kantor Tertutup

Ruang kantor tertutup adalah ruangan untuk bekerja yang dipisahkan atau dibagi dalam kamar-kamar kerja, dengan maksud memberikan keamanan dan kenyamanan dari petugas fungsional.


            
              Keuntungan ruang kantor tertutup
*     Konsentrasi pegawai lebih kepada pekerjaan
*     Pekerjaan yang bersifat rahasia dapat terjamin atau terlindungi
*     Pemimpinan maupun karyawan dapat bekerja lebih tenang karena terhindar dari kebisingan
*     Lebih leluasa bekerja apabila pekerjaan tersebut bersifat rahasia

 kelemahan ruang kantor tertutup
Ø  Komunikasi antar karyawan tidak lancar
Ø  Sulit dalam mengawasi karyawan karena terhalang penyekat
Ø  Ruang gerak terbatas
Ø  Cahaya sulit masuk dan udara sulit beredar sehingga suasana pengap dan gerah
Ø  Perubahan tempat lebih sulit dilakukan
Ø  Diperlukan biaya yang besar untuk pemeliharaan ruangan
     
            Ruang Kantor Semi Tertutup

Ruang kantor semi tertutup adalah ruang yang hanya setinggi kurang lebih 1,5 meter



Keuntungan ruang kantor semi tertutup :
v Untuk menjaga privasi kerja
v Komunikasi antarkaryawan mudah dilakukan
Kelemahan ruang kantor semi tertutup :
v Perubahan tempat lebih sulit dilakukan
v Kebisingan yang menimbulkan kurangnya konsentrasi dalam bekerja

1 komentar: