BENTUK-BENTUK
TATA RUANG KANTOR
Ketika kita merancang ruangan kantor, perlu juga
diperhatikan apakah diperlukan ruangan terpisah atau tertutup untuk bagian
bagian yang berbeda ataukah cukup terkumpul di dalam ruangan yang luas atau
ruangan terbuka. Hal ini perlu diperhatikan karena masing-masing ruangan
memiliki kelebihan dan kekurangannya, dan apabila kita tidak memperhatikan hal
tersebut maka akan mendapatkan kesulitan di dalam pelaksanaannya.
Pada dasarnya ada 3 macam tata ruang kantor
yaitu :
1.
Ruang Kantor Terbuka
Ruang kantor terbuka adalah
ruangan dimana semua kegiatan karyawan dilakukan bersama-sama dalam satu
ruangan tanpa dipisahkan menjadi beberapa bagian atau tidak menggunakan
penyekat sebagai pemisah, akan tetapi semua aktivitasnya dilaksanakan pada satu
ruang besar terbuka.
Perencanaan suatu ruang terbuka
perlu diperhitungkan dengan seksama sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.
Oleh karena itu, perencana perlu memahami keuntungan-keuntungan dan kerugian
dari tata ruang terbuka.
Di antara keuntungan pokok dari
ruang terbuka adalah sebagai berikut :
a)
Pengawasan lebih mudah dan efektif
terhadap segenap pegawai
b)
Hubungan antarpegawai cepat dan
mudah
c)
Mempelancar arus pekerjaan
d)
Cahaya mudah masuk dan udara mudah
beredar sehingga suasana lebih menyegarkan
e)
Mudah mengubah ruangan apabila
diperlukan tukar tempat antarbagian dapat dengan mudah dan tepat dilakukan
f) Perubahan organisasi yang menyebabkan
perubahan tata ruang dapat dilayani dengan cepat dan luwes
g)
Memudahkan penempatan, penggunaan dan
penyusunan kelengkapan kerja
kelemahan ruang
kantor terbuka
a)
Sulit melakukan pekerjaan yang
bersifat rahasia
b)
Kebisingan menimbulkan kurangnya
konsentrasi dalam bekerja
c)
Menimbulkan pemandangan yang kurang terlihat
rapi
Ruang Kantor Tertutup
Ruang kantor tertutup adalah
ruangan untuk bekerja yang dipisahkan atau dibagi dalam kamar-kamar kerja,
dengan maksud memberikan keamanan dan kenyamanan dari petugas fungsional.
![*](file:///C:/Users/LENOVO/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/LENOVO/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/LENOVO/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/LENOVO/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
kelemahan ruang kantor tertutup
Ø Komunikasi antar karyawan tidak lancar
Ø Sulit dalam mengawasi karyawan karena terhalang
penyekat
Ø Ruang gerak terbatas
Ø Cahaya sulit masuk dan udara sulit beredar sehingga
suasana pengap dan gerah
Ø Perubahan tempat lebih sulit dilakukan
Ø Diperlukan biaya yang besar untuk pemeliharaan
ruangan
Ruang
Kantor Semi Tertutup
Ruang kantor semi tertutup
adalah ruang yang hanya setinggi kurang lebih 1,5 meter
Keuntungan ruang kantor semi
tertutup :
v Untuk
menjaga privasi kerja
v Komunikasi
antarkaryawan mudah dilakukan
Kelemahan
ruang kantor semi tertutup :
v Perubahan
tempat lebih sulit dilakukan
v Kebisingan
yang menimbulkan kurangnya konsentrasi dalam bekerja
Teimakasih sangat membantu sekali
BalasHapus